.:. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat untukku (khususnya), untukmu dan untuk kita semua..^^ ~amiinnn .:. YUKKK,,,, sama-sama berusaha jadi orang yang BERMANFAAT bagi orang lain,,, bukan MEMANFAATKAN,,, apalagi kita yang DIMANFAATKAN... .:. >>> IHSAN PANGERAN BONTOT CORP TWITTER:: @ihsanpbcorpID FB:: IHSAN PANGERAN BONTOT BOOKSTORE | 0856-9766-3213 / (021)4095-8449 <<<
Foto saya
Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Muhamad Ihsan ‘Pangeran Bontot’ | Pria kelahiran Jakarta 26 Des ’90 yang ketika SMK mengambil jurusan Akuntansi ini berhasil menyelesaikan Studinya dengan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi Syariah (SE. Sy) dari UIN Jakarta pada tahun 2013. Setelah lulus kini dia menjadi salah satu pengajar di Katakazya Islamic Preschool. Ihsan Pangeran Bontot Corp (@IhsanPBcorpID) merupakan usaha yang dirintisnya sejak kuliah, dan telah melahirkan Online Bookstore bernama Pangeran Bontot Bookstore (@PBbookstore). Pria yang juga aktif di komunitas Tangan Di Atas wilayah Jak-Sel, Komunitas EntrePrayer dan YISC Alazhar ini mempunyai keinginan yang sangat mulia yakni menjadi orang yang bermanfaat bagi sesamanya.

Jumat, 16 Maret 2012

Sedekah 10% dari target beasiswa..^^

Sedekah 10% dari target beasiswa..^^

Bismillahirrahmanirrahim…
Sebelum berangkat KKN (Kuliah Kerja Nyata) semacem PKL (Praktek Kerja Lapangan) cuma yang membedakan objeknya, klo PKL biasanya ke lembaga atau perkantoran tapi KKN semacem ngabdi di desa yg terdiri dari temen2 di 5 fakultas berbeda di kampus saya. Dan ini merupakan salah satu syarat untuk skripsi, yaa klo blm KKN blm boleh ngajuin skripsi…. hohohoho

Nheyna, temen saya yang juga kebetulan satu kelompok KKN dengan saya bilang klo Yayasan Beasiswa Jakarta membuka penerimaan beasiswa baru. Doi udah menerima beasiswa YBJ tersebut sejak semester 3 yang lalu. Ketika doi sibuk ngurus berkas tuk melanjutkan beasiswanya doi menyarankan saya untuk ikut kembali mengajukan beasiswa YBJ. Sebenarnya tahun lalu (2010/2011) saya mengajukan tapi gk dapet. Hehehe

Berbekal softcopy berkas dari dia, akhirnya saya ngajuin lagi dh. Saya berangkat KKN 15 Juli 2011 dan selesai 15 Agustus 2011. Jadi sebelum berangkat KKN sibuk ngurus berkas seperti SKTM, fotocopy KK, IP, ngurus surat ke RT, RW bahkan Kelurahan dan berkas-berkas permohonan pengajuan beasiswa ke YBJ. Dan sisa berkas lainnya yang belum selesai saya urus di desa tempat saya KKN. Karena waktunya dh mepet banged.


Jrengg….dh mulai seru ni… hohoho....
Disela-sela waktu kosong saya sibuk sama lepi temen (karena emg gk punya) hehehe... sibuk ngutak-ngatik berkas permohonan beasiswa tersebut sampe akhirnya pas pengen ngeprint eh…. tinta print di basecamp kita abiss mana malem pula dan saya masih inget banged,, jd waktu pengen kewarnet ngeprint IP, warnetnya jauh banged dari tempat basecamp kita di desa itu. Sekalinya ada warnetnya penuh atau gk ada mesin printnya. Naek motor sama nheyna nyari warnet berkilo-kilo meter akhirnya ada dan itu pun di deket IPB, Bogor. Sedangkan desa tempat saya KKN adalah desa Cibitung, kecamatan Tenjolaya, desa yang lumayan jauh dari IPB.

Mulailah ngedit2 berkas diwarnet itu, pas selesai mau bayar sekalian ngeprint, karena ngeprint cuma bisa dipc penjaga warnetnya. Jlebbb!!! Mati lampu, ternyata sekecamatan mati lampunya, gk jadi ngeprint dh tp alhamdulllah datanya dh kesave. Huhuhu….

Karena desa kita masih jarang penduduk dan lumayan serem karena masih banyak lahan kosong, tambah serem lagi gara-gara mati lampu sepanjang pulang dan ternyata basecamp kita pun kena juga mati lampu. Di desa ini maghrib aja sepinya dh kaya jam 12 malem. Gk ada anak-anak yang pada maen kaya di Jakarta. Sepanjang jalan pulang saya naek motor gk nengok2, lempeng aja ngeliat kedepan kaya make kacamata kuda… hahahaha

Peraturan di kelompok KKN kita, boleh pulang (balik) ke Jakarta klo memang ada urusan yg penting dan itu pun dijatah. Akhirnya saya sama nhayna ngambil jatah pulang minggu kedua Agustus, tepatnya tgl 8. Nheyna menyerahkan berkas lanjutan YBJ dan saya ngajuin, dan kita pulang ke jakarta juga karena ada kegiatan yg kita wajib dateng dikawasan Jakarta Pusat pada tgl 9/8 nya. Kita ngebus + naik kereta pulang ke Jakarta. Berangkat senin pagi sepulang saya ngajar di Mts disalah satu sekolahan disana. Dan Alhamdulillah saya sampai rumah (Jakarta) siang harinya...

Kegiatan dikawasan Jakarta Pusat hari selasanya mulai jam 8 pagi dan selesai jam 1 siang, sepulang dari sana saya dan nheyna langsung ke balai kota jakarta, kantor Yayasan Beasiswa Jakarta menaiki motor keponakan yang saya pinjam seharian itu, sampai disana nheyna menyerahkan berkas lanjutan YBJ sedangkan saya mengajukan permohonan,, jrengggg!!!!!...... “mas surat yang ini salah!!!”..... ternyata dari pihak kampus saya (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) mewajibkan berkas pengajuan permohonan beasiswa ditandatangani langsung oleh Pu-Rek (Pembantu Rektor) bidang mahasiswa bukan Pu-Dek (Pembantu Dekan) bidang mahasiswa fakultas saya.

Hmm.... gk mungkin saya kekampus saat itu juga karena birokrasi surat pengantar untuk menagajukan beasiswa di fakultas saya aja jadinya 2 hari sementara waktu dh sore dan saya harus secepatnya balik ke desa dan hari ini (selasa 9 Agustus 2011) adalah bulan puasa lho!!! Akhirnya saya mutusin buat nyerahin berkasnya sepulang KKN tgl 15 Agustus, karena penutupan pengajuan beasiswa YBJ ditutup tgl 20an Agustus.

Sepanjang perjalanan kembali ke desa cibitung jujur, dh gk semangad banged klo ngebayangin ucapan petugas YBJ tadi, karena yang namanya beasiswa itu terkadang siapa cepat dia dapat gk ngaruh dari faktor IP aja. Dari YBJ saya nganter nheyna ke stasiun Tanjung Barat dia nunggu saya disana karena saya harus balikin motor keponakan dulu yang saya pinjam untuk hari itu letaknya di Bambu Apus, TMII. Pas saya tiba di stasiun ternyata dapet tiket kereta pukul 18.15 WIB. Hahahaha akhirnya baru pertama kali saya buka puasa di kereta bersama para jamaah kereta api satu gerbong…. Alhamdulillah…. Allahumma laka shumtu… 


Tiba dibasecamp sekitar jam 10 malem karena sempet salah angkot… hohoho maklum malem gelap salah ngeliat nomor angkotnya…

Singkat cerita selesai juga dh tuh KKN (15 Agustus), dan ada cerita unik ni sama supir taksi… hehehe… jadi pas saya sampe di stasiun Duren Kalibata saya bingung klo naek bus ribet ajah bawa 2 tas gede begini akhirnya naik taksi ajah padahal jarak rumah gk jauh2 amat dan ternyata argonya Cuma 11rb ya ampunn itu tukang taksi lemess kali dikira rumah saya jauh… padahal saya naik taksi biar tasnya gampang dibawa… hehehe

Besoknya saya langsung kekampus ngurus surat yang salah tanda tangan itu, setelah jadi dari fakultas selama 2 hari akhirnya saya ngajuin surat itu ke akademik pusat untuk meminta tanda tangan Pembantu Rektor bid. Kemahasiswaan… dari jam 10 pagi sampe jam 2 siang saya nunggu beliau akhirnya hampir ashar beliau baru ada diruangannya, dan alhamdulillah ditanda tangani lah surat saya itu, tp beliau bilang “ini suratnya ada yang salah coba kamu ke akademik pusat lagi sana dik” #JlebTegejlebGejleb akhirnya saya balik ke akademik pusat tapi ketika saya keruangan beliau lagi, beliau udah tidak ada ditempat, keesokan harinya keruangan beliau lagi baru ditanda tangani beliau.

Singkat cerita, form pengajuan beasiswa saya sudah di YBJ. Dan suatu malem, tepatnya minggu malem 18/12 saya ngeliat temen (@ichaalkhaer) di TL twitter dimention temennya klo dia dapet beasiswa YBJ. Dalam hati mikir, lah ini YBJ dah pengumuman ternyata. Saya langsung mention aja tuh temennya temen saya “tolong liatin saya juga dong, nama: Muhamad Ihsan, nim: 108046200014, dari: UIN Jakarta. Makasi ya..

Karena penasaran saya juga sms temen saya iqbal yang bisa online dirumah lewat pcnya. Gk lama mention di twitter masuk “abang yang nim belakangnya …014 bukan?? Klo iya dapet bang, selamat ya…” dan setelah itu sms juga masuk dari iqbal “iyaa san u dapet”. Sumpah saat itu perasaan nya campur aduk, langsung capcus kewarnet buat ngepastiin liat pengumuman diweb YBJ, dan alhamdulilah ternyata memang bener saya dapet Beasiswa Berprestasi Yayasan Beasiswa Jakarta, beasiswa yang waktu SMA saya dapet juga, namun kata pihak sekolah saya tidak bisa dilanjutkan ke jenjang perkuliahan..

Dan saya baru ngeh ternyata pas hari sabtunya 17/12 saya sedekah hampir Rp 200rb (gk maksud Riya atau sombong, baca ampe kelar yooo…). Jadi semenjak ikut kajian Manajemen Qalbu Aa Gym setiap minggu ke-2 setiap bulannya saya diajarin ilmu tauhid sama beliau, ya meskipun dikit yang saya tangkep… hehe… yang paling saya inget disalah satu kajian Aa Gym mengatakan “sedekah yang paling baik dilakukan secara terus menerus walaupun sedikit, dan alangkah baiknya lagi klo kita sedekah di pagi hari sebelum kita beraktifitas”

Yang pernah ikut kajian beliau pasti tau yang namanya “Kencleng Umat”. Semacem celengan tapi khusus untuk sedekah, dan klo sudah penuh bisa disalurkan ke team khidmat ketika kajian nanti ditukerin yang kosong lagi.

Sabtu 17/12 itu kenclengnya saya buka, karena kajian MMQ bulan Desember (11/12) saya gk bisa hadir. Dan saya juga gk nyangka isinya hampir Rp 200rb dalam jangka waktu sebulanan (November-Desember). Langsung dh beli beberapa amplop, terus uangnya dipecah-pecah ke amplop itu dan dibagikan ke anak-anak yatim dan janda di sekitar rumah, tapi kata emak, tetangga ada yang sakit terus emak nyaranin ada amplop juga untuk beliau.
… Mungkin amalan ini yang bikin Allah SWT “memasukkan” nama saya disalah satu penerima beasiswa YBJ, karena klo diinget ada aja kesulitan yang saya temui ketika ngurus berkas. Innallaha ‘ala kulli syai’in qadir (sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu). Dan sedekah ini mendapatkan “return” 10x lipat, karena info dari temen saya yang sudah dapat beasiswanya senilai Rp 2,1jt/semester *sedekah 200rb x 10lipat*, ini juga membuktikan bahwa “innakalaa tukhliful mii’aad (sesungguhnya (Allah) tidak akan mengingkari janji-Nya)”



lembar form Yayasan Beasiswa Jakarta...












diantara atm ini ada yang saya cuma bikin karena beasiswa, coba tebak yang mana???
eh tapi saya nabungnya di bank Syariah koq.. hidup Ekonomi Rabbani... :)



diantara atm ini ada yang saya cuma bikin karena beasiswa, coba tebak yang mana??? eh tapi saya nabungnya di bank Syariah koq.. hidup Ekonomi Rabbani... :)


diantara atm ini ada yang saya cuma bikin karena beasiswa, coba tebak yang mana???
eh tapi saya nabungnya di bank Syariah koq.. hidup Ekonomi Rabbani... :)



nah ini nih cara sedekah saya... sedekah tiap pagi kaya orang nyelengin trus pas hari jumat?1 SEBARKAN!!! :)
*yang pernah ikut kajian Majelis Manajemen Qalbu Aa Gym pasti pernah dapet "kencleng umat" nah ini dia nih saya pake... ;)





nah ini nih cara sedekah saya... sedekah tiap pagi kaya orang nyelengin trus pas hari jumat?1 SEBARKAN!!! :)
*yang pernah ikut kajian Majelis Manajemen Qalbu Aa Gym pasti pernah dapet "kencleng umat" nah ini dia nih saya pake... ;)

4 komentar:

  1. Subhanallah..keep sedekah!
    Koq selama saya kuliah di UIN belum pernah denger ada beasiswa ini yah? yg sering denger paling beasiswa DEPAG atau DIPA.Boleh tau apa saja persyaratannya? dan biasanya kapan saja beasiswa ini dibuka? 1 thn sekali atau tiap semester? lumayan info buat adik2 nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba search aja di BAZIS perkotamadya khusus buat orang jakarta, dan Yayasan Beasiswa Jakarta... :)

      Hapus
  2. Assalamualaikum bang, saya junior di UIN nih. Nice sharing, terutama part salah tanda tangan, yang harusnya pu rek itu. Aku baru mau ngajuin ke YBJ, dan baru mau ngurus, karena baca ini, jadi tau deh kalau harus ke pu rek.
    Mohon doa dan bantuannya bang. Kalau boleh saya mau minta softcopy berkas2 nya bang, untuk referensi. Karena belum kebayang terutama untuk surat-suratnya itu. Terimakasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum.

    BalasHapus
  3. alaikumsalan :)
    syaratnya biasa sih, SKTM surat dari kampus sama fotocopy IP semester terakhir.
    klo YBJ kita ngambil berkasnya ke Balai Kota Jakarta di Monas.
    klo Bazis kan perkotamadya :)

    komunikasi via twitter aja @muhamadihsan_ :)

    makasih dah berkunjung ke twitter saya :)

    BalasHapus

komentar Anda memang tak langsung tampil, karena harus di approval terlebih dahulu.
terima kasih atas tanggapan, saran dan kritiknya ^o^

- Muhamad Ihsan -
twitter : @Muhamadihsan_