.:. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat untukku (khususnya), untukmu dan untuk kita semua..^^ ~amiinnn .:. YUKKK,,,, sama-sama berusaha jadi orang yang BERMANFAAT bagi orang lain,,, bukan MEMANFAATKAN,,, apalagi kita yang DIMANFAATKAN... .:. >>> IHSAN PANGERAN BONTOT CORP TWITTER:: @ihsanpbcorpID FB:: IHSAN PANGERAN BONTOT BOOKSTORE | 0856-9766-3213 / (021)4095-8449 <<<
Foto saya
Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Muhamad Ihsan ‘Pangeran Bontot’ | Pria kelahiran Jakarta 26 Des ’90 yang ketika SMK mengambil jurusan Akuntansi ini berhasil menyelesaikan Studinya dengan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi Syariah (SE. Sy) dari UIN Jakarta pada tahun 2013. Setelah lulus kini dia menjadi salah satu pengajar di Katakazya Islamic Preschool. Ihsan Pangeran Bontot Corp (@IhsanPBcorpID) merupakan usaha yang dirintisnya sejak kuliah, dan telah melahirkan Online Bookstore bernama Pangeran Bontot Bookstore (@PBbookstore). Pria yang juga aktif di komunitas Tangan Di Atas wilayah Jak-Sel, Komunitas EntrePrayer dan YISC Alazhar ini mempunyai keinginan yang sangat mulia yakni menjadi orang yang bermanfaat bagi sesamanya.

Minggu, 28 Oktober 2012

INOVASI UNTUK INDONESIA MANDIRI (INOVASI BAGI SEORANG WIRAUSAHA)

inovasi bagi diri sendiri
saya akan memberikan opini dari sudut pandang seorang MAHASISWA yang BERWIRAUSAHA. bagi seorang wirausahawan, inovasi adalah suatu hal yang wajib hukumnya. kenapa ? karena jika kita hanya menampilkan yang "itu-itu saja" maka customer akan merasa bosan dan meninggalkan kita.


saya yang Alhamdulillah sedang mengerjakan skripsi di salah satu perguruan tinggi negeri di jakarta sambil usaha jual buku via online pun menggunakan inovasi dalam "ciri" toko buku online kami.


jika toko buku online lain menjual buku lalu menyebutkan HARGA JUAL buku tersebut kepada pembeli, namun tanpa menyebutkan berapa harga buku itu dibeli oleh penjual.
inilah PELUANG yang kami jadikan INOVASI bagi usaha kami.

kami menggunakan akad MURABAHAH, sebuah akad jual beli dalam Islam yang menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. hal yang membedakan MURABAHAH dengan jual beli lainnya adalah penjual harus memberitahukan kepada pembeli HARGA POKOK YANG DIJUAL dan KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH.

karena kami menjual dengan online, kami tidak melakukan tawar menawar margin antara penjual dan pembeli, namun HARGA JUAL kami sebenarnya adalah MARGIN KEUNTUNGAN yang kami jadikan DISKON kepada PEMBELI.
jadi kisaran antara HARGA JUAL dan KEUNTUNGAN yang kami peroleh TIDAK TERLALU BESAR, karena kami memberikan DISKON mulai 10%-70% untuk buku-buku tertentu.
dan Alhamdulillah inilah INOVASI yang sekaligus menjadi DIFFERENSIASI bagi toko buku online kami diantara toko buku online lainnya.

hanya itu?
tidak... masih banyak lagi contoh INOVASI dalam WIRAUSAHA.
dulu dan bahkan sampai saat ini kita sering melihat banyak sekali tukang PECEL LELE / AYAM di jalan.
namun oleh Rangga Umara, PECEL LELE dibuat MODERN olehnya. rumah makan yang dinamakannya PECEL LELE LELA, mampu menghadirkan menu berbagai macam LELE.
ada lele bumbu saus padang, lele fillet dsb.
dengan INOVASI seorang Rangga Umara menemukan keSUKSESannya.


contoh lagi seorang penjual MUG, kalau dulu kita sering melihat penjual MUG POLOS, namun ditangan orang KREATIF dan INOVATIF. MUG POLOS tadi menjadi MUG yang ISTIMEWA karena terdapat GAMBAR-GAMBAR LUCU, atau pun FOTO dsb.
yang bisa digunakan sebagai hiasan maupun hadiah ulang tahun.


perbedaan antara KREATIF dan INOVATIF, KREATIFITAS adalah kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda. Kreativitas menghasilkan perbedaan dan orang yang kreatif bisa stand out of the crowd, tampil diantara kerumunan orang. Perbedaan membuat peluang baru terbuka. INOVATIF adalah kemampuan untuk menemukan nilai komersil dari kreativitas. Inovasi membuat kreativitas tidak cukup untuk meraih sukses. Kreatif hanya membuat perbedaan, inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.

inovasi untuk Indonesia mandiri
jika begitu pentingnya INOVASI dalam berWIRAUSAHA, lebih lagi pada sebuah NEGARA.
dan INOVASI nya pun bisa dengan berbagai macam, bisa INOVASI dalam PENDIDIKAN, TEKNOLOGI, PERTANIAN dsb.


misalnya INOVASI dalam bidang PENDIDIKAN dan TEKNOLOGI. saya sering melihat saat ini banyak sekali KAJIAN ONLINE atau BELAJAR via INTERNET.
jika KONVENSIONALnya seorang GURU harus bertatap muka dengan MURID-MURIDNYA kini  hal tersebut bisa ditiadakan.
lantas uang transportasi yang biasanya mereka gunakan untuk kesekolah atau kekampus, bisa dialihkan untuk kewarnet (bagi yang belum mempunyai akses internet sendiri dirumah).
dan dengan adanya hal tersebut memudahkan bagi teman-teman kita yang dipedalaman, atau yang jauh dari kota-kota besar yang tak pernah terjangkau oleh GURU-GURU HEBAT di Indonesia.

dan saya berharap dengan hal tersebut pula kita MEMBERANTAS KEBODOHAN di negeri yag kita cintai, NEGARA KEDAULATAN REPUBLIK INDONESIA.



"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar Anda memang tak langsung tampil, karena harus di approval terlebih dahulu.
terima kasih atas tanggapan, saran dan kritiknya ^o^

- Muhamad Ihsan -
twitter : @Muhamadihsan_